9 Tips Mendidik Anak Agar Shaleh

Setiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya kelak menjadi anak-anak yang sholeh dan shalihah. Pendidikan dan pengajaran yang baik yang sesuai dengan syariat Islam diharapkan akan menghasilkan anak-anak yang sholeh dan shalihah. Tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk mendidik dan mengajar anak-anak sesuai yang diajarkan dalam Islam.

398860_236602629776525_129079797_n

Akhir-akhir ini kebanyakan ibu-ibu mengeluh betapa sulitnya mendidik anak-anak mereka. Selain anak-anak jaman sekarang lebih “berani” dan “agak sulit diatur”, juga lantaran semakin besarnya tantangan arus globalisasi budaya terutama yang dia

kibatkan oleh kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat. Akibat semakin majunya teknologi informasi ini, arus informasi dan budaya yang bertentangan dengan syariat Islam pun begitu mudahnya menembus dinding-dinding kamar anak-anak kita. Jika kita tidak membekali dan membentengi anak-anak kita dengan filter dan tameng yang kuat (dalam bentuk tatanan nilai-nilai Islam) tentu akan berdampak buruk merusak akhlak anak-anak kita.

Memberikan Pemahaman Akidah dan Syariah

tips mendidik anak

Memberikan pemahaman akidah dan syariah Islam yang benar adalah tugas penting kita sebagai orang tua karena pemahaman akan akidah dan syariah ini akan sangat mempengaruhi sendi-sendi akhlak anak-anak kita. Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Ibu bapaknya lah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi” (HR.Bukhari).

Tujuan pemahaman akidah ini agar anak-anak bisa mengenal dengan baik siapa Allah SWT, bahkan orang tua bisa mengenalkan hal ini sejak anak masih dalam kandungan, misalnya dengan kebiasaan orang tua mendengarkan ayat-ayat Al Quran, bersenandung dengan mengagungkan asma Allah (Asmaul Husna), dll. Dengan pemahaman akidah ini diharapkan kelak akan menumbuhkan benih-benih kecintaan anak kepada ALlah SWT sehingga akan mendorong anak-anak lebih rajin beribadah kepada Allah SWT. Tentu saja pemahaman akidah ini di barengi dengan pengenalan hukum-hukum syariah secara bertahap. Pengenalannya bisa dimulai dengan memotivasi anak untuk senang melakukan hal-hal yang diperintahkan Allah SWT, misalnya dengan mengajak shalat berjamaah, membaca Al Quran, berdoa bersama, bersedekah, dll.

Berikut 9 Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Shaleh dan Shalihah :

  1. Tumbuhkan bahawa kecintaan yang tertinggi dan utama adalah rasa cinta kepada Allah SWT.
  2. Ajarkan anak untuk menjadikan Rasulullah SAW sebagai idola atau panutan dan meneladani perilaku dan akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Ajak anak-anak agar terbiasa membaca, menghafal dan memahami Al Quran, misalnya dengan membuat aturan bahwa jam sehabis maghrib sampai isya’ adalah waktunya untuk berinteraksi dengan Al Quran.
  4. Tanamkan kebiasaan beramal agar lebih di cintai Allah SWT.
  5. Siapkan reward (hadiah) dan punishment (hukuman) yang mendidik atas perbuatan baik dan buruk si anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga memotivasi si anak untuk bisa selalu berbuat kebaikan.
  6. Jadikan diri anda sebagai orang tua menjadi teladan dan contoh dalam beribadah dan beramal shaleh.
  7. Ajarkan hukum-hukum syariat secara bertahap kepada anak-anak sejak sebelum akil balig.
  8. Hiasi rumah anda, masjid di lingkungan tempat tinggal anda dengan acara-acara kajian Islam dan ajak anak anak anda berperan aktif di dalamnya.
  9. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap kewajiban-kewajiban untuk dirinya, keluarganya, lingkungannya dan untuk dakwah Islam.

Sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: